klinikgo http://klinikgo.com A commitment to community Fri, 20 Mar 2020 14:51:15 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.3.2 http://klinikgo.com/wp-content/uploads/2019/04/cropped-logo-klinikgo-copy-1-1-32x32.png klinikgo http://klinikgo.com 32 32 Manfaat Jambu Biji http://klinikgo.com/2020/03/20/manfaat-jambu-biji/ http://klinikgo.com/2020/03/20/manfaat-jambu-biji/#respond Fri, 20 Mar 2020 14:51:15 +0000 http://klinikgo.com/?p=404

Jambu biji merupakan tanaman yang berasal dari negara di Amerika Tengah, seperti Meksiko, Brazil, Kolombia, dan Venezuela. Buah yang juga disebut guava ini, kini telah banyak dibudidayakan dan dapat dinikmati di banyak negara beriklim tropis dan subtropis, seperti Indonesia. Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium , dan antioksidan. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang sedikit.

Beragam manfaat jambu biji

  • Melindungi dari radikal bebas

Kandungan vitamin C dalam jambu biji berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat sebagai melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Banyak ahli yang percaya bahwa radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu berkembanganya penyakit kanker. Kandungan antioksidan tidak hanya terdapat dalam buahnya saja, tetapi di daunya juga.

  • Melancarkan saluran pencernaan

Mnafaat jambu biji dapat digunakan sebagai pelancar sistem pencernaan. Khasiat ini di dapat dari kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, sehingga dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk. Vitamin C ini berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

  • Menurunkan tekanan darah dan koresterol

Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya konsumsi jika menderita darah tinggi. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, mengonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Manfaat jambu biji ini diperoleh berkat kandungan vitamin C dan serat.

  • Menyehatkan mata

Buah berwarna cerah seperti jambu biji merah, mangga, papaya, dan semangka, merupakan sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat. Dengan kandungan vitamin A di dalamnya, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat jambu biji bagi kesehatan.

  • Mencegah diabetes

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa buah jambu biji mampu melindungi ginjal dari dampak penyakit diabetes. Sementara, penelitian lain mengemukakan bahwa jambu biji merah diduga secara signifikan dapat mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Meski demikian, penelitian-penelitian tersebut masih sebatas uji coba terhadap hewan dan belum diuji pada manusia.

  • Mencegah deman berdarah

Menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Daun jambu biji yang direbus pun diyakini dapat menurunkan risiko perdarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Akan tetapi, efek terapi ini masih sebatas pengobatan herbal, dan belum banyak penelitian klinis untuk memastikan manfaat jambu biji sebagai obat demam berdarah.

Selain manfaat yang sudah dijelaskan di atas, ada pula manfaat lain yang bisa  peroleh dari jambu biji. Dalam pengobatan tradisonal, jambu biji sering kali diolah menjadi jus untuk membantu menyembuhkan luka dalam, meringankan sakit kepala, dan meredakan diare.

Manfaat jambu biji memang banyak, namun penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan untuk mendukung dan membuktikan berbagai klaim tersebut. Tapi, jangan sampai hal itu membuat ragu dalam mengonsumsi jambu biji, karena buah ini mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/20/manfaat-jambu-biji/feed/ 0
Makanan Ringan yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan http://klinikgo.com/2020/03/20/makanan-ringan-yang-berdampak-buruk-untuk-kesehatan/ http://klinikgo.com/2020/03/20/makanan-ringan-yang-berdampak-buruk-untuk-kesehatan/#respond Fri, 20 Mar 2020 14:48:24 +0000 http://klinikgo.com/?p=401

Makanan ringan atau cemilan merupakan makanan yang di gemari oleh banyak orang. Saat memilki waktu yang kosong pasti akan di temani oleh camilan, memang camilan makanan yang sangat enak dan dapat menemani menghabiskan waktu. Pernahkah berfikir kandungan apa saja yang ada di dalam camilan yang di makan ? karena ingin tetap sehat sambil bersantai, ternyata dengan kesalahan memilih kandungan atau campuran di makanan ringan ini malah membuat menjadi tidak sehat ? hal tersebut bisa saja terjadi. Memang tidak semua makanan ringan yang di jual bebas di pasaran memiliki kandungan yang penuh atau sempurna. Oleh karena itu, pentingnya untuk memperhatikan kandungan nutrisi atau campuran yang ada di dalam makanan ringan.

Dikutip dari Reader’s Digest beberapa makanan ringan yang ternyata memberikan dampak kurang baik untuk kesehatan. Beberapa ringan ini seharusnya sehat, namun berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak memperhatikan kandungan dan campuran di dalamnya.

  1. Frozen Yogurt

Pasti tidak akan asing dengan camilan sehat frozen yogurt atau yogurt beku. Camilan ini banyak ditemukan di pusat pembelanjaan di kota-kota besar. Saat kamu membeli camilan ini, pasti akan merasa mengosumsi camilan sehat daripada es krim. Frozen yogurt biasanya di sajikan dengan topping yang beraneka macam di atasanya. Yogurt memang sehat, namun menjadi tidak sehat saat memasukan beberapa topping di atasanya. Agar mendapatkan manfaat saat mengosumsi yogurt, bisa menggantikan topping yang sehat seperti buah-buahan, kacang, dan sirup coklat.

  1. Kue beras

Kue beras jika dilihat seperti camilan yang sehat. Meskipun camilan ini rendah kalori, namun pada proses pembuatan ini berasal dari nasi putih olahan yang karbohidratnya tinggi. Hal ini mampu meningkatkan kadar gula darah. Apalagi ketika kue beras di tambah dengan perasa seperti garam dan gula. Hal tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori.

  1. Kacang dan Buah Kering

Camouran kacang dan buah kering terlihat cukup sehat. Memang akan tetap menjadi sehat, jika memilih buah-buahan tanpa ada rasa, itu menjadi tidak sehat. Jika memilih camilan kacang dan buah kering dengan campuran coklat dan sebagainya, hal seperti itu akan meningkatkan konsumsi jumlah kalori.

  1. Susu Kedelai dengan Rasa dan Teh dalam kemasan

Susu kedelai merupakan minuman rendah kalori dan tinggi kalium serta protein. Namun, minuman ini akan menjadi tidak sehat dan akan menggangu kesehatan, jika menambahkan perasa atau mencampurkan rasa di dalamnya. Hal ini akan menambahkan kandungan gula di dalamnya. Agar tetap sehat dalam mengosumsi susu kedelai, bisa ditambahkan perasa lainnya untuk menjaga manfaat asli dari susu kedelainya.

Banyak sekali manfaat tentang khasiat atau manfaat dari teh. Banyak manfaat yang diberikan jika mengosumsi teh murni. Meminum teh menjadi tidak sehat jika menambahkan gula dan perasa di dalamnya. Banyak sekali ditemukan pada teh kemasan baik yang ada di botol atau kaleng. Teh kemasan banyak tambahan gula, natrium, dan perasa buatan yang menyebabkan kehilangan manfaat dari teh tersebut.

  1. Kacang Asin

Kacang memang sangat baik bagi kesehatan tubuhmu. Namun jika menambahkan garam atau rasa lain ke dalamnya, maka manfaat utuh dari kacang tidak kamu dapatkan. Oleh karena itu, agar mendapatkan nutrisi serta manfaat yang baik seutuhnya dari kacang, kamu bisa memakannya dengan tanpa tambahan rasa.

  1. Camilan Protein

Kini sudah banyak tersedia jenis protein batangan di pasaran. Mengonsumsi ini untuk dijadikan tidaklah salah. Namun, sebelum mengonsumsinya, kamu perlu memperhatikan kandungan atau komposisi apa saja di dalamnya. Jika lebih dari 200 kalori, maka hal ini setara dengan kamu mengonsumsi permen.v

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/20/makanan-ringan-yang-berdampak-buruk-untuk-kesehatan/feed/ 0
6 Kebiasaan Buruk Ketika Minum Air Putih http://klinikgo.com/2020/03/19/6-kebiasaan-buruk-ketika-minum-air-putih/ http://klinikgo.com/2020/03/19/6-kebiasaan-buruk-ketika-minum-air-putih/#respond Thu, 19 Mar 2020 12:46:27 +0000 http://klinikgo.com/?p=398

Minum air putih secara teratur membuat tubuh lebih segar dsn tehindar dari dehidrasi. Terkadang melupakan hal sepele saat mengosumsinya. Sebenarnya kebiasaan tersebut bisa saja membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut 6 hal yang diperhatikan ketika meminum air putih:

  1. Duduk saat minum air putih

Menurut ayuvreda dalam tradisi perawatan kesehatan kuno dan alternatif, ketika meminum air putih ketika berdiri, air akan meluncur dengan cepat ke usus. Hal tersebut akan mencegah nutrisi dalam air dan dapat terabsorbri dengan baik. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan sejumlah permasalahan kesehatan seperti radang sendi, kerusakan ginjal.

  1. Jangan minum hanya satu kali

Air liur merupakan alkali yang harus di berikan waktu untuk bercampur dengan air sehingga menstabilkan kadar asam di dalam perut. Selain itu menghirup udara saat minum juga menenangkan sistem pencernaan. Pada umumnya manusia dewasa mengosumsi 8 gelas air putih untuk mencegah dehidrasi dan memperlancar sistem pencernaan.

  1. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Mengosumsi air putih setiap hari, maka akan terasa lebih puas dan tidak merasakan kehausan lebih sering. Hal ini akan membuat terhindar dari rasa lapar.

  1. Jangan minum air dalam suhu yang rendah

Suhu terbaik untuk minum air putih, yaitu suhu ruangan. Air yang terlalu dingin dapat mempengaruhi saluran pencernaan dan dapat memicu munculnya racun pada saluran pencernaan.

  1. Jangan minum terlalu banyak air sebelum makan

Terlalu banyak minum air sebelum makan menyebabkan ruang perut tidak dapat melakukan fungsi pencernaan dengan baik. Seharusnya bahwa perut harus berkomposisi 50% makanan, 25% air dan 25% udara. Jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan, akan menyebabkan sesak nafas.

  1. Meminum air putih pada waktu yang tepat

Minumlah 2 gelas sehari saat bangun tidur, dan segelas air 20-30 menit sebelum makan. Hindari minum dari botol, minum air putih sebelum berolahraga dan sesudah berolahraga.

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/19/6-kebiasaan-buruk-ketika-minum-air-putih/feed/ 0
Apa itu Abses Perianal ? http://klinikgo.com/2020/03/19/apa-itu-abses-perianal/ http://klinikgo.com/2020/03/19/apa-itu-abses-perianal/#respond Thu, 19 Mar 2020 12:44:00 +0000 http://klinikgo.com/?p=395

Abses merupakan kumpulan nanah, sementara itu Abses Perianal merupakan kumpulan nanah di dekat anus. Dimana rongga rektrum terisi dengan nanah dan muncul di sekitar anus. Rektrum adalah bagian terakhir dari usus besar dimana tinja di simpan sebelum di keluarkan melalui anus. Ketika rektrum dan kelenjar lendir dubur terinfeksi, makan akan terbentuk lubang-lubang kecil pad rongga rektrum dan terisi dengan nanah. Terkadang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri di kelenjar kriptoglobular. Abses perianal merupakan jenis abses yang paling sering dari abses anus.

Kondisi ini biasa terjadi. Penyakit ini lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan. Penyakit ini dapat terjadi pada pasien di usia berapa pun. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko. Silakan diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Penyebab Abses Perianal

Penyebab umum penyakit ini adalah bakteri dari anus yang menyebar ke bagian sekitar rektum dan menyebabkan peradangan. Kebanyakan dari bakteri ini hidup di dalam usus besar atau tinggal di daerah kulit dekat anus. Penyakit lain yaitu, luka di anal yang terinfeksi, infeksi menular seksual, atau gangguan usus seperti penyakit Crohn dan diverticulitis usus besar.

Gejala Abses Perianal

Gejala pada umumnya sebagai berikut :

  1. Benjolan atau pembengkakan yang nyeri di dekat atau sekitar anus. Pembengkakaknya akan tampak merah merah dan hangat ketika di raba.
  2. Nyeri pada abses perianal biasanya terjadi terus menerus.
  3. Mengeluarkan nanah dan darah jika abses dipercahkan.
  4. Ketika di sentuh, benjolan biasanya akan lunak, merah, dan hangat.
  5. Iritasi pada kulit di sekitar anus.
  6. Sembelit atau nyeri ketika buang air besar.

Gejala lain termasuk demam, panas dingin, dan rasa tidak enak. Kadang-kadang rektum dapat terasa panas, nyeri dan bengkak.

Faktor Risiko

  • Seks Anal
  • Radang usus (penyakit Crohn dan kolitis ulserativa)
  • Pengobatan obat kortikosteroid.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah ( HIV-AIDS)
  • Penyakit ini dapat terjadi pada bayi atau anak-anak muda dan orang dewasa dengan riwayat luka di anus.

Pencegahan Abses Perianal

Beberapa langkah yang bisa dilakukan :

  • Melindungi diri dari infeksi menular seksual (IMS) dan melakukan perawatan segara, infeksi apapun yang di alami.
  • Menggunakan kondom adalah kunci dalam mencegah IMS yang dapat menyebabkan kondisi seperti ini.
  • Kebersihan di daerah anus adalah perlindungan penting bagi anak dan orang dewasa.

Abses perianal dapat menyebabkan komplikasi, tetapi dapat diobati. Jika Anda mengalami masalah anal, hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan dan mencegahnya menjadi lebih buruk.

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/19/apa-itu-abses-perianal/feed/ 0
Penyebab Gusi Berdarah http://klinikgo.com/2020/03/18/penyebab-gusi-berdarah/ http://klinikgo.com/2020/03/18/penyebab-gusi-berdarah/#respond Wed, 18 Mar 2020 12:59:02 +0000 http://klinikgo.com/?p=392

Gusi berdarah merupakan kondisi yang mendandakan bahwa sedang mengalami penyakit gusi, atau menderita kelainan pembekuan darah. Gusi berdarah juga seringkali terjadi akibat menggosok gigi. Gejala lain yang menyertai gusi berdarah tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Sebagai contoh, gusi berdarah yang disebabkan oleh gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia, bisa menimbulkan gejala perdarahan lain pada hidung (mimisan), atau adanya darah pada urine dan tinja. Sedangkan gusi berdarah yang disebabkan oleh periodontitis, dapat disertai bau mulut (halitosis), nyeri saat mengunyah makanan, serta gigi yang goyang atau tanggal.

Penyebab gusi berdarah

Gusi berdarah dapat disebabkan oleh beberapa kelainan rongga mulut, seperti gingivitis atau periodontitis. Gingivitis atau radang gusi disebabkan oleh penumpukan plak di garis gusi. Plak yang semakin menumpuk akan mengeras sehingga menjadi karang gigi, dan berisiko menimbulkan menimbulkan pendarahan di gusi. Periodontitis merupakan gingivitis yang tidak ditangani, dan ditandai dengan infeksi pada gusi, tulang rahang, dan jaringan ikat yang menghubungkan gigi dan gusi.

Selain penyakit di dalam rongga mulut, gusi berdarah dapat disebabkan oleh faktor :

  • Kebiasan menyikat gigi terlalu keras.
  • Penggunaan sikat gigi yang kasar.
  • Gusi yang belum berdaptasi pada penggunaan benang gigi (dental floss).
  • Penggunaan gigi palsu yang tidak terpasang dengan tepat.
  • Perubahan hormone dalam masa kehamilan.
  • Peradangan gusi terkait kehamilan.
  • Kekurangan vitamin C dan vitamin K.
  • Penggunaan obat pengecer darah.
  • Trombosit atau kekurangan sel keeping darah atau trombosit, seperti demam, berdarah.
  • Leukemia atau kanker darah.
  • Hemofilia atau gangguan pembekuan darah.

Tips Mencegah Gusi sering Berdarah

  • Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan sikatlah gigi secara perlahan. Sebisa mungkin lakukan flossing gigi dua kali sehari untuk mencegah timbulnya plak pada gigi.
  • Gunakan obat kumur setiap hari. Dapat membantu membunuh bakteri penyebab gusi. Hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karen dapat memperburuk keluhan gusi sering berdarah.
  • Cukupkan kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Hal ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi yang dapat membentuk plak.
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman yang sangat panas atau sangat dingin, karena dapat merusak gigi dan gusi.
  • Kunjungi dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut. Kebersihan gigi dan mulut yang terjaga dengan baik bisa mengurangi risiko terjadinya gusi berdarah.
  • Sebisa mungkin hindari dan kelola stres dengan cara yang positif. Stres yang terkelola dengan baik akan membuat Anda lebih bisa merawat kesehatan gigi dan mulut, serta bisa mencegah peningkatan kadar hormon kortisol yang bisa menyebabkan peradangan di seluruh tubuh Anda, termasuk gusi.
]]>
http://klinikgo.com/2020/03/18/penyebab-gusi-berdarah/feed/ 0
Terasa Gatal Tiba-tiba ? simak yu! http://klinikgo.com/2020/03/18/terasa-gatal-tiba-tiba-simak-yu/ http://klinikgo.com/2020/03/18/terasa-gatal-tiba-tiba-simak-yu/#respond Wed, 18 Mar 2020 12:22:26 +0000 http://klinikgo.com/?p=389

Merasakan gatal yang luar biasa, tetapi tidak di gigit serangga sama sekali? Mengapa ya? Yang paling menyebalkan, ketika rasa gatal berlangsung lama dan menjalar ke wilayah tubuh lainya. Ketika digaruk, membuat rasa gatalnya semakin parah. Selain itu, karena di gigit nyamuk atau reaksi alergi, gatal juga bisa terjadi karena sebab lainya. Kulit gatal bisa terjadi tanpa benjolan, lepuh, ruam, bintil, atau kelainan kulit lainya. Sementara itu, penyebab kulit gatal secara tiba-tiba apa? Gatal merupakan respon tubuh normal untuk melindungi dari zat-zat eksternal berbahaya atau parasite seperti gigitan serangga. Nah, gatal tiba-tiba yang tidak diketahui penyebabnya? Berikut beberapa kondisi kulit yang mungkin menjadi penyebabnya:

  1. Kulit Kering

Kulit kering memang bukan kondisi medis yang serius, tetap membuat terasa tidak nyaman. Ketika kulit kering, sel mengerut sehingga menimbulkan keriput dan garis-garis halus. Keadaan kulit mungkin tegang tertarik atau tampak menyusut. Kulit kering biasanya merupakan hasil dari usia tua atau faktor lingkungan, seperti berada di tempat dingin lama, mandi/berendam air hangat terlalu lama, sabun berbahan keras, bahan pakaian gatal, iritasi akibat produk-produk tertentu (misalnya logam atau parfum tertentu), hingga salah pakai produk pelembab kulit.

  1. Reaksi obat

Antibiotik, obat anti jamur, atau penghilang nyeri narkotik dapat menyebabkan kulit gatal tiba-tiba yang meluas di seluruh area tubuh. Namun, sebagian besar reaksi obat akan menimbulkan ruam bersamaan dengan gatal.

  1. Kurap

Kurap merupakan infeksi di daerah pangkal paha (selangkangan) yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Kurap biasanya terjadi di daerah yang hangat dan lembab, dan sering muncul bersamaan dengan kaki jamur. Kurap biasanya akan ditemukan di dekat lipatan paha atas, dapat diindetifikasikan dengan kulit gatal tiba-tiba di daerah selangkangan dan kulit yang bersisik. Kurap dapat diperparah oleh kelembapan dan gesekan sering di area pangkal paha yang datang dari keringat dan pakaian. Bedak jamur non-resep dapat menyembuhkan kasus kurap ringan hingga sedang, sementara kasus infeksi berat memerlukan resep dokter.

  1. Kudis

Kudis adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh tungau (Sarcoptes scabiei) yang menggali lubang-lubang kecil di kulit. Kondisi kulit ini juga menyebabkan bintik-bintik merah yang tampak di area gigitan tungau. Rasa gatal tiba-tiba yang terkait dengan kondisi ini sering timbul paling parah di malam hari. Kudis sangat menular dan menyebar akibat kontak kulit dalam jangka waktu panjang dengan penderita.

  1. Hamil

Selama kehamilan, beberapa perempuan mengalami kulit gatal tanpa gejala yang jelas, terutama pada bagian perut, paha, dada, tangan, serta lipatan kulit, seperti bagian dalam lutut atau siku. Kulit yang meregang atau perubahan hormon mungkin penyebab kulit gatal tiba-tiba jika sedang hamil.

  1. Penyakit Internal

Kulit gatal tiba-tiba dapat menjadi gejala dari suatu penyakit, seperti diabetes, penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid, penyakit celiac, HIV/AIDS, sindrom Sjögren, kelainan darah (misalnya, polisitemia rubra vera), dan kanker (termasuk leukemia dan limfoma). Stres dan penyakit kejiwaan lainnya, seperti, gangguan kecemasaan, depresi, dan gangguan obsesif-komplusif juga dapat menyebabkan kulit gatal tiba-tiba secara tidak jelas.

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/18/terasa-gatal-tiba-tiba-simak-yu/feed/ 0
Makanan yang Meningkatkan Kekebalan Tubuh http://klinikgo.com/2020/03/17/makanan-yang-meningkatkan-kekebalan-tubuh/ http://klinikgo.com/2020/03/17/makanan-yang-meningkatkan-kekebalan-tubuh/#respond Tue, 17 Mar 2020 13:49:36 +0000 http://klinikgo.com/?p=386

Memiliki daya tahan tubuh yang lemah, tentunya akan membuat virus mudah masuk ke dalam tubuh, apalagi saat ini banyaknya virus yang sedang menyerang beberapa negara. Selain itu, antibodi yang terbentuk dari sistem imun dapat menetralkan racun yang dihasilkan oleh organisme. Agar sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi dengan baik, maka seseorang perlu menjalani pola gaya hidup yang sehat. Salah satu caranya, dengan mengosumsi makanan yang sehat.

Berikut makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh :

  1. Buah Citrus

Citrus termasuk dalam jenis lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan anekah jeruk lainya. Buah-buahnya citrus mengandung antidikosidan, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik. Buah citrus kaya akan vitamin C yang memiliki banyak manfaat seperti penuaan, meningkatkan daya tahan tubuhdan baik untuk kulit, serta membantu kesehatan pencernaan.

  1. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Brokoli dianjurkan untuk rutin dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian. Brokoli kaya akan vitamin C. Kandungan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat  mengonsumsi brokoli. Dengan daya tahan tubuh yang baik, bisa terhindari dari berbagai penyakit.

  1. Bawang Putih

Tidak hanya untuk menambah rasa masakan, bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis. Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

  1. Jahe

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information, disebutkan kalau jahe dapat memberikan efek antioksidan, antiperadangan, serta memberikan perlindungan yang maksimal terhadap tubuh. Jahe juga banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuat jahe menjadi salah satu makanan yang digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain itu, jahe memiliki kandungan gingerols, shogalos, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antidioksian bagi tubuh.

  1. Bayam

Sayuran yang sering kita temukan di asia ini banyak mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

  1. Yougrt

Yoghurt adalah makanan yang tinggi probiotik, bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Yogurt memiliki kandungan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zin. Kandungan vitamin B12 pada yoghurt juga bermanfaat untuk membantu sistem saraf kamu berfungsi dengan baik dan melindungi dari penyakit jantung. Kandungan mineral dan gizi di dalam yogurt dapat membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit, memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu dan membantu melawan infeksi dan bakteri.

  1. Pepaya

Sering ditemui, murah, dan enak, pepaya memiliki banyak manfaat yang penting bagi tubuh kita. Pepaya juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menghindari kamu dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/17/makanan-yang-meningkatkan-kekebalan-tubuh/feed/ 0
Mengapa Kepala Pusing ketika Berdiri Mendadak ? yuk simak! http://klinikgo.com/2020/03/17/mengapa-kepala-pusing-ketika-berdiri-mendadak-yuk-simak/ http://klinikgo.com/2020/03/17/mengapa-kepala-pusing-ketika-berdiri-mendadak-yuk-simak/#respond Tue, 17 Mar 2020 13:45:39 +0000 http://klinikgo.com/?p=383

Tentunya pasti merasakan pusing mendadak atau pandangan menjadi gelap ketika terburu mengangkat telepon, membuka pintu terburu-buru. Seketika berkedip dan bayangan-bayangan hitam menutupi seluruh padangan, dan kunang-kunang menjadi hilang. Mengapa beberapa orang bisa mendadak pusing ketika langsung berdiri ?

Penyebab kepala pusing mendadak setelah berdiri

Kepala terasa berkunang dan pusing setelah berdiri mendadak disebabkan oleh sebuah kondisi yang bernama hipotensi ortostatik (HO). Peningkatan denyut jantung ini dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi ketika Anda berubah posisi, misalnya dari duduk lama atau rebahan dan langsung berdiri cepat. Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah sensasi tubuh goyah dan jantung berdebar karena penurunan tekanan darah mendadak. Ketika perlahan bangun untuk berdiri, darah sedikit demi sedikit mengalir turun ke kaki, namun ketika terburu-buru gaya gravitasi bumi jadi menarik paksa sebagian aliran darah mengalir cepat menuju kaki dan menggenang di pembuluh darah bawah, begitu derasnya darah yang mengalir ke bawah, akibatnya otak mengalami kekurangan darah.

Otak langsung memaksa jantung untuk bekerja ekstra keras memompa banyak darah agar bisa disalurkan ke otak dan bagian tubuh lainya. Kerja jantung yang semakin keras akan meningkatkan denyut jantung. Pada saat yang bersamaan, juga memperketat pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Mekanisme ini sebenarnya bertujuan untuk mengembalikan tekanan darah seperti semula. Tetapi, respon ganti rugi seperti ini kadang bisa muncul terlambat atau tidak bekerja sama sekali. Akibatnya, persediaan darah ke otak tetap jauh dari kata cukup. Sebenarnya untuk berfungsi optimal, otak membutuhkan asupan darah yang cukup. Sehingga memicu sensai pusing setelah berdiri mendadak dan keinginan yang lemas dan terasa ingin pingsan.

Selain itu, berdiri mendadak juga menyebabkan kebingunan, mual dan muntah atau pengelihatan kabur. Serangkaian ini bisa terjadi langsung seketika dan bertahan hingga beberapa menit setelah terburu-buru untuk berdiri.

Siapa yang rentan mengalami hal ini ?

Gejala ini sering dialami ketika cepat-cepat bangkit setelah berolahraga, mengosumsi alkhol, makan dalam porsi besar, mengalami dehidrasi ringan, memiliki tekanan darah rendah atau gula darah rendah, terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari, berendam di air panas atau bersauna. Orang tua juga rentan mengalami kondisi ini.

Apakah berbayaha jika mengalami hal ini ?

Kepala berkunang atau pusing setelah berdiri mendadak biasanya bukanlah suatu kondisi yang patut untuk dikhawatirkan, kata Christopher Gibbons, rekanan profesor neurologis di Harvard Medical School, dilansir dari Men’s Health. Namun nyatanya, sejumlah penelitian terbaru menunjukkan bahwa sensasi pusing setelah berdiri mendadak bisa menandakan isu kesehatan yang lebih serius. Hipotensi ortostatik ditemukan berkaitan dengan banyak kondisi kesehatan utama, termasuk hipertensi, Parkinson, diabetes, penyakit jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung.

Pusing setelah berdiri mendadak bisa di akibatkan stroke dan gagal jantung

Pada kebanyakan kasus, sensasi kepala berkunang setelah berdiri mendadak hanya terjadi sesekali. Kalau Anda sering sekali mengalaminya, Anda harus konsultasikan lebih lanjut pada dokter. Tekanan darah rendah mendadak setelah berdiri yang terjadi berulang kali dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Komplikasi ini meliputi :

  • Cedera Jatuh, kasus yang sangat jarang, kejang singkat akibat hilangnya kesadaran sementara.
  • Stroke, turunya tekanan darah ketika berganti posisi terlalu cepat dari duduk ke berdiri dapat menjadi faktor risiko karena pasokan darah yang minim ke otak.
  • Ganggungan Jantung, hipotensi ortostatik dapat menjadi faktor risiko untuk penyakit jantung dan sederet komplikasinya, seperti nyeri dada, masalah irama jantung atau gagal jantung.

Orang dengan hipotensi ortostatik (HO) memiliki peluang hampir dua kali lipat lebih tinggi untuk mengalami gagal jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki HO. Risiko dapat meningkat lebih dari 1,5 kali jika Anda juga memiliki tekanan darah tinggi sebagai kondisi yang mendasarinya. Peningkatan risiko ini akan lebih kuat pada orang usia 45-55 tahun dibandingkan dengan mereka yang berusia 56-64 tahun.

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/17/mengapa-kepala-pusing-ketika-berdiri-mendadak-yuk-simak/feed/ 0
Cara Efektif Mencega Virus Corona http://klinikgo.com/2020/03/16/cara-efektif-mencega-virus-corona/ http://klinikgo.com/2020/03/16/cara-efektif-mencega-virus-corona/#respond Mon, 16 Mar 2020 13:16:09 +0000 http://klinikgo.com/?p=380

Dunia sedang mengalami keadaan yang kurang sehat, virus corona yang menyerang berbagai dunia dan juga berbagai negara. Virus ini memakan korban jiwa dan jumlah yang terinfeksi semakin meningkat, agar tidak terinfeksi ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Corona virus merupakan virus jenis baru yang di sebut dengan novel coronavirus 2019 atau sekarang di sebut (2019-nCoV). Virus ini termasuk dalam golongan yang mirip dengan virus penyebab Severe acute respiratory syndorme (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS). Infeksi virus pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019, virus ini telah ditemukan diberbagai dunia,  sekarang virus ini menyerang Indonesia.

Mencegah Penularan Virus Corona

Virus ini ditemukan oleh hewan seperti kelelawar, unta, dan bisa bisa menular dari hewan ke manusia, serta manusia ke manusia. Penularan ini terjadi ketika manusia bersin dan batuk tanpa menutupnya dengan apapun.  Terinfeksi virus corona mirip dengan penyakit flu, diawali dengan demam, batuk dan pilek. Setelah beberapa hari, orang yang terinfeksi virus corona mengalamai sesak nafas akibat infeksi paru-paru (pneumonia). Hingga saat ini obat untuk virus corona belum ditemukan, WHO menghimbau masyarakat tidak memandang sepele tentang penyakit ini, lakukan pengecahan agar tidak terlular virus ini.

Langkah untuk mencega virus corona :

  1. Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan yang benar merupakan cara yang paling mudah untuk mencegah penyebaran virus 2019-CoV. Cuci tangan di air mengalir dengan sabun selama 20 detik. Pastikan seluruh tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, perlegangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Selesai itu, keringan tangan dengan handuk bersih, tissue, dan alat pengering tangan. Jika sering menggunakan trasportasi umum seperti, kereta, busway, MRT, LRT susah mencari air dan sabun, bisa menggunakan Hand Sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmih kuman.

Lakukan mencuci tangan secara teratur, yang paling penting sebelum makan dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta batuk atau bersin.

  1. Menggunakan Masker

Dipasaran terdapat 2 jenis masker yang bisa digunakan untuk mencegah virus corona, yaitu masker bedah, dan masker N95. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari. Cara memakai masker bedah yang benar adalah sisi warna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya berwarna putih menghadap wajahh, mulut, hidung dan juga dagu. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari mulut.

Walaupun tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, tetapi menggunakan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk virus corona. Penggunakan masker sangat disarankan untuk orang yang sedang sakit untuk menghindari penyebaran virus dan kuman, ketimbang orang yang sehat.

Masker yang berjenis N95 adalah masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis makser ini yang lebih direkomendasikan untuk mencegah virus corona. Tetapi, masker ini kurang nyaman digunakan sehari-hari dan harganya relatif mahal. Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Memilki daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, mengosumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu, mengosumsi suplemen yang disarankan dokter.

Rutin berolahraga, tidur dengan cukup, tidak merokok, dan tidak mengosumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tahan tubuh terhindar dari penularan virus corona.

  1. Tidak berpergian ke negara terjangkit

Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Agar tidak tertular dengan virus corona, jangan berpergian atau liburan ke tempat yang memiliki kasus infeksi virus corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran  virus corona.  Tidak ingin kan liburan yang menyenangkan berubah menjadi sakit ?

  1. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menyebarkan virus corona

Virus corona di duga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindari kontak dengan hewan tersebut. Jika ingin mengosumsi daging atau ikan, pastikan daging dan ikan tersebut di cuci bersih dan dimasak dengan benar-benar matang. Hindari memakan daging dan ikan yang belum matang, atau tidak segar lagi.

  1. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Tangan tentunya akan selalu menyentuh banyak permukaan, dan kemungkinan virus yang menempel pada tangan. Jika terkominasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut apalagi jika belum mencuci tangan terlebih dahulu. Dari sanalah virus masuk ke tubuh dan dapat membuat sakit.

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/16/cara-efektif-mencega-virus-corona/feed/ 0
Kebiasaan yang tidak di sadari, bisa membahayakan kesehatan tubuh http://klinikgo.com/2020/03/13/kebiasaan-yang-tidak-di-sadari-bisa-membahayakan-kesehatan-tubuh/ http://klinikgo.com/2020/03/13/kebiasaan-yang-tidak-di-sadari-bisa-membahayakan-kesehatan-tubuh/#respond Fri, 13 Mar 2020 09:10:53 +0000 http://klinikgo.com/?p=376

Tentunya semua orang menginginkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun, jika di lihat pola makan dan keseharian yang sering merokok dan makan-makanan yang berlemak dapat merusak kesehatan diri sendiri. Kebiasaan buruk yang tidak disadari ternyata sangat memicu penyakit muncul, tidak hanya tubuh tetapi mental juga akan terganggu. Beberapa kebiasaan yang tidak di sadari yang dapat merusak kesehatan :

  1. Terlalu banyak menonton TV, main laptop, dan Handphone

Meski bisa dibilang sebagai kegiatan bersantai, terlalu sering menonton TV atau main laptop menyimpan begitu banyak pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh. Kelamaan menonton televisi atau menggunakan gadget telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitasdiabetes, dan emboli paru. Selain itu, terlalu lama menonton TV dan main gadget tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik dapat menurunkan kemampuan kognitif otak. Hal ini terbukti, seperti dilansir dari VeryWell.com bahwa sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di JAMA Psychiatry, mengadakan tes kognitif bahwa orang yang rata-rata menonton TV lebih dari 3 jam per hari selama 25 tahun tampil buruk dalam tes tersebut dibandingkan dengan orang yang tidak banyak menonton TV.

  1. Terlambat makan

Menunda makan ternyata malah akan meningkatkan nafsu makan di waktu setelahnya, dengan porsi yang sangat banyak. Selain itu, menunda makan dapat memperhambat metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lemas, dan meningkatkan asam lambung. Lebih parah lagi menunda makan dapat menyebabkan diabetes.

  1. Makan di saat tidak lapar

Sering mengemil dan melampiaskan diri dari stres dapat menimbulkan kalorgi di dalam tubuh, berat badan semakin naik dan bisa menjadi obesitas. Obesitas dapat meningkatkan banyak risiko, tidak hanya diabetes, stroke, tetapi juga banyak penyakit lainnya. Penting untuk menjaga waktu makan dan pola makan, agar berat badan tetap terjaga.

  1. Terlalu lama membuka sosial media

Penelitian telah banyak menemukan bahwa banyak orang yang “terisolasi” akibat berkutat dengan media sosial. Isolasi sosial tersebut buruk bagi kesehatan mental dan fisik Anda. Anda hanya akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan mengamati media sosial, tanpa melakukan aktivitas yang membuat badan Anda bergerak. Terlebih lagi, penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu lama mengamati media sosial dapat menimbulkan rasa iri pada teman dan menurunkan mood sehingga meningkatkan risiko terjadinya depresi.

  1. Terlalu lama duduk

Terlalu lama duduk di kursi, mungkin akan memburuk kesehatan fisik. Mengapa ? selama duduk dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko terjadi penyakit obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Duduk tidak akan menyebabkan adanya aktivitas atau gerak yang bisa membakar kalori dalam jumlah banyak.

  1. Begadang

Terjaga pada malam hari kemudian tidur di esok paginya merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik dan bisa merusak kesehatan. Orang yang begadang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik esok harinya dan juga mengganggu waktu makan. Jika Anda memiliki kebiasaaan begadang, maka ubahlah kebiasaan itu secara perlahan sampai tubuh Anda terbiasa dan Anda dapat beraktivitas normal.

  1. Menahan marah

“Sabar ada batasnya”, pepatah itu ada benarnya. Ketika kita marah, lebih baik untuk melampiaskannya. Jika dipendam, bisa mengakibatkan stres dan jika meluapkannya secara memuncak dapat membahayakan kesehatan. Dilansir dari WebMD, Profesor Harvard Laura Kubzansky menyatakan bahwa mereka yang membangun emosi mereka dan mengalami ledakan kemarahan yang tiba-tiba jauh lebih rentan terhadap penyakit jantung.

  1. Meremehkan bahaya polusi udara

Saat perpegian keluar apalagi menggunakan motor lebih baik menggunakan masker. Udara yang dihirup saat itu, mengandung berbagai macam bahan kimia dan zat yang tidak dikenal, terutama di lingkungan kerja tertentu dan kota-kota besar.

]]>
http://klinikgo.com/2020/03/13/kebiasaan-yang-tidak-di-sadari-bisa-membahayakan-kesehatan-tubuh/feed/ 0