Jambu biji merupakan tanaman yang berasal dari negara di Amerika Tengah, seperti Meksiko, Brazil, Kolombia, dan Venezuela. Buah yang juga disebut guava ini, kini telah banyak dibudidayakan dan dapat dinikmati di banyak negara beriklim tropis dan subtropis, seperti Indonesia. Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium , dan antioksidan. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang sedikit.

Beragam manfaat jambu biji

  • Melindungi dari radikal bebas

Kandungan vitamin C dalam jambu biji berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat sebagai melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Banyak ahli yang percaya bahwa radikal bebas merupakan salah satu faktor pemicu berkembanganya penyakit kanker. Kandungan antioksidan tidak hanya terdapat dalam buahnya saja, tetapi di daunya juga.

  • Melancarkan saluran pencernaan

Mnafaat jambu biji dapat digunakan sebagai pelancar sistem pencernaan. Khasiat ini di dapat dari kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, sehingga dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk. Vitamin C ini berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

  • Menurunkan tekanan darah dan koresterol

Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya konsumsi jika menderita darah tinggi. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, mengonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Manfaat jambu biji ini diperoleh berkat kandungan vitamin C dan serat.

  • Menyehatkan mata

Buah berwarna cerah seperti jambu biji merah, mangga, papaya, dan semangka, merupakan sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat. Dengan kandungan vitamin A di dalamnya, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat jambu biji bagi kesehatan.

  • Mencegah diabetes

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa buah jambu biji mampu melindungi ginjal dari dampak penyakit diabetes. Sementara, penelitian lain mengemukakan bahwa jambu biji merah diduga secara signifikan dapat mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Meski demikian, penelitian-penelitian tersebut masih sebatas uji coba terhadap hewan dan belum diuji pada manusia.

  • Mencegah deman berdarah

Menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Daun jambu biji yang direbus pun diyakini dapat menurunkan risiko perdarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Akan tetapi, efek terapi ini masih sebatas pengobatan herbal, dan belum banyak penelitian klinis untuk memastikan manfaat jambu biji sebagai obat demam berdarah.

Selain manfaat yang sudah dijelaskan di atas, ada pula manfaat lain yang bisa  peroleh dari jambu biji. Dalam pengobatan tradisonal, jambu biji sering kali diolah menjadi jus untuk membantu menyembuhkan luka dalam, meringankan sakit kepala, dan meredakan diare.

Manfaat jambu biji memang banyak, namun penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan untuk mendukung dan membuktikan berbagai klaim tersebut. Tapi, jangan sampai hal itu membuat ragu dalam mengonsumsi jambu biji, karena buah ini mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Open chat
1
Hello, selamat datang di klinikgo. Ada yang bisa kami bantu
Powered by