Abses merupakan kumpulan nanah, sementara itu Abses Perianal merupakan kumpulan nanah di dekat anus. Dimana rongga rektrum terisi dengan nanah dan muncul di sekitar anus. Rektrum adalah bagian terakhir dari usus besar dimana tinja di simpan sebelum di keluarkan melalui anus. Ketika rektrum dan kelenjar lendir dubur terinfeksi, makan akan terbentuk lubang-lubang kecil pad rongga rektrum dan terisi dengan nanah. Terkadang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri di kelenjar kriptoglobular. Abses perianal merupakan jenis abses yang paling sering dari abses anus.

Kondisi ini biasa terjadi. Penyakit ini lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan. Penyakit ini dapat terjadi pada pasien di usia berapa pun. Penyakit ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko. Silakan diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Penyebab Abses Perianal

Penyebab umum penyakit ini adalah bakteri dari anus yang menyebar ke bagian sekitar rektum dan menyebabkan peradangan. Kebanyakan dari bakteri ini hidup di dalam usus besar atau tinggal di daerah kulit dekat anus. Penyakit lain yaitu, luka di anal yang terinfeksi, infeksi menular seksual, atau gangguan usus seperti penyakit Crohn dan diverticulitis usus besar.

Gejala Abses Perianal

Gejala pada umumnya sebagai berikut :

1. Benjolan atau pembengkakan yang nyeri di dekat atau sekitar anus. Pembengkakaknya akan tampak merah merah dan hangat ketika di raba.
  2. Nyeri pada abses perianal biasanya terjadi terus menerus.
  3. Mengeluarkan nanah dan darah jika abses dipercahkan.
  4. Ketika di sentuh, benjolan biasanya akan lunak, merah, dan hangat.
  5. Iritasi pada kulit di sekitar anus.
  6. Sembelit atau nyeri ketika buang air besar.

Gejala lain termasuk demam, panas dingin, dan rasa tidak enak. Kadang-kadang rektum dapat terasa panas, nyeri dan bengkak.

Faktor Risiko

• Seks Anal
  • Radang usus (penyakit Crohn dan kolitis ulserativa)
  • Pengobatan obat kortikosteroid.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah ( HIV-AIDS)
  • Penyakit ini dapat terjadi pada bayi atau anak-anak muda dan orang dewasa dengan riwayat luka di anus.

Pencegahan Abses Perianal

Beberapa langkah yang bisa dilakukan :

• Melindungi diri dari infeksi menular seksual (IMS) dan melakukan perawatan segara, infeksi apapun yang di alami.
  • Menggunakan kondom adalah kunci dalam mencegah IMS yang dapat menyebabkan kondisi seperti ini.
  • Kebersihan di daerah anus adalah perlindungan penting bagi anak dan orang dewasa.

Abses perianal dapat menyebabkan komplikasi, tetapi dapat diobati. Jika Anda mengalami masalah anal, hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan dan mencegahnya menjadi lebih buruk.

Hello, selamat datang di klinikgo. Ada yang bisa kami bantu