Minum air putih secara teratur membuat tubuh lebih segar dsn tehindar dari dehidrasi. Terkadang melupakan hal sepele saat mengosumsinya. Sebenarnya kebiasaan tersebut bisa saja membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut 6 hal yang diperhatikan ketika meminum air putih:

  1. Duduk saat minum air putih

Menurut ayuvreda dalam tradisi perawatan kesehatan kuno dan alternatif, ketika meminum air putih ketika berdiri, air akan meluncur dengan cepat ke usus. Hal tersebut akan mencegah nutrisi dalam air dan dapat terabsorbri dengan baik. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan sejumlah permasalahan kesehatan seperti radang sendi, kerusakan ginjal.

  1. Jangan minum hanya satu kali

Air liur merupakan alkali yang harus di berikan waktu untuk bercampur dengan air sehingga menstabilkan kadar asam di dalam perut. Selain itu menghirup udara saat minum juga menenangkan sistem pencernaan. Pada umumnya manusia dewasa mengosumsi 8 gelas air putih untuk mencegah dehidrasi dan memperlancar sistem pencernaan.

  1. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Mengosumsi air putih setiap hari, maka akan terasa lebih puas dan tidak merasakan kehausan lebih sering. Hal ini akan membuat terhindar dari rasa lapar.

  1. Jangan minum air dalam suhu yang rendah

Suhu terbaik untuk minum air putih, yaitu suhu ruangan. Air yang terlalu dingin dapat mempengaruhi saluran pencernaan dan dapat memicu munculnya racun pada saluran pencernaan.

  1. Jangan minum terlalu banyak air sebelum makan

Terlalu banyak minum air sebelum makan menyebabkan ruang perut tidak dapat melakukan fungsi pencernaan dengan baik. Seharusnya bahwa perut harus berkomposisi 50% makanan, 25% air dan 25% udara. Jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan, akan menyebabkan sesak nafas.

  1. Meminum air putih pada waktu yang tepat

Minumlah 2 gelas sehari saat bangun tidur, dan segelas air 20-30 menit sebelum makan. Hindari minum dari botol, minum air putih sebelum berolahraga dan sesudah berolahraga.

Open chat
1
Hello, selamat datang di klinikgo. Ada yang bisa kami bantu
Powered by