Memiliki daya tahan tubuh yang lemah, tentunya akan membuat virus mudah masuk ke dalam tubuh, apalagi saat ini banyaknya virus yang sedang menyerang beberapa negara. Selain itu, antibodi yang terbentuk dari sistem imun dapat menetralkan racun yang dihasilkan oleh organisme. Agar sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi dengan baik, maka seseorang perlu menjalani pola gaya hidup yang sehat. Salah satu caranya, dengan mengosumsi makanan yang sehat.

Berikut makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh :

  1. Buah Citrus

Citrus termasuk dalam jenis lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan anekah jeruk lainya. Buah-buahnya citrus mengandung antidikosidan, vitamin, dan nutrisi yang sangat baik. Buah citrus kaya akan vitamin C yang memiliki banyak manfaat seperti penuaan, meningkatkan daya tahan tubuhdan baik untuk kulit, serta membantu kesehatan pencernaan.

  1. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Brokoli dianjurkan untuk rutin dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian. Brokoli kaya akan vitamin C. Kandungan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat  mengonsumsi brokoli. Dengan daya tahan tubuh yang baik, bisa terhindari dari berbagai penyakit.

  1. Bawang Putih

Tidak hanya untuk menambah rasa masakan, bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis. Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

  1. Jahe

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information, disebutkan kalau jahe dapat memberikan efek antioksidan, antiperadangan, serta memberikan perlindungan yang maksimal terhadap tubuh. Jahe juga banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuat jahe menjadi salah satu makanan yang digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain itu, jahe memiliki kandungan gingerols, shogalos, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antidioksian bagi tubuh.

  1. Bayam

Sayuran yang sering kita temukan di asia ini banyak mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan.

  1. Yougrt

Yoghurt adalah makanan yang tinggi probiotik, bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Yogurt memiliki kandungan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zin. Kandungan vitamin B12 pada yoghurt juga bermanfaat untuk membantu sistem saraf kamu berfungsi dengan baik dan melindungi dari penyakit jantung. Kandungan mineral dan gizi di dalam yogurt dapat membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit, memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu dan membantu melawan infeksi dan bakteri.

  1. Pepaya

Sering ditemui, murah, dan enak, pepaya memiliki banyak manfaat yang penting bagi tubuh kita. Pepaya juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menghindari kamu dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.

Open chat
1
Hello, selamat datang di klinikgo. Ada yang bisa kami bantu
Powered by